Minggu, 18 November 2012

Bulutangkis

Saya suka dengan olahraga bulutangkis sejak tahun 2008, tepatnya sejak thomas&uber cup 2008 di Jakarta, saya masih kelas 6 SD, pas waktu mau UAN, bukanya belajar, malah nonton final Thomas Cup di tv. meskipun saya gak jago maen bultang, tapi saya suka bulutangkis. saya cukup mengikuti perkembangan bulutangkis sejak 2008 sampai sekarang. mulai dari jamanya Bao Chunlai, Xie Xinfang, Zhang Ning, Maria Kristin, Zheng Bo, sampe jamanya Wang Yihan, Zhang Nan, Li Xuerui, Hayom, Debby Susanto,Tontowi dll.
Apalagi sekarang dengan majunya teknologi saya jadi mudah dapet info-info bulutangkis, bisa download videonya,liat biografi atlitnya dan banyak lagi.
Saya ada rasa prihatin juga kepada media di Indonesia yang enggan memasukan bulutangkis dalam sajian utamanya. jarang sekali event-event superseries yang tidak ditayangkan di tv nasional, berita-beritanya pun kebanyakan sepak bola. lebih penting liga-liga bola luar negeri lah dari pada badminton. lalu timnas indonesia yang sangat ngat ngat menjijikan prestasinya masih aja dibahas di media. badminton terkesan di anak tirikan. padahal badminton lah satu-satu cabang penyumbang emas indonesia  di olimpiade. 6 emas sudah diberikan dari badminton, belum perak,perunggu, dan medali di ajang asian games,sea games dll. sedangkan sepak bola? paling cuma emas sea games, dan itu dulu banget pas jaman bahula. piala dunia? lolos kualifikasi aja belum pernah, eh pernah sih tahun 1938 nan waktu itu masih hindia-belanda, bukan indonesia. sedangkan badminton, piala thomas menang 13 kali, terbanyak di dunia, uber 3 kali, olimpiade 6 emas, sea games 100 emas, buayangin coba.            
Masalah rangking, sekarang ini sepakbola indonesia rangking 165 dunia, sedangkan bulutangkis rangking 5 dunia, dan pernah rangking 1 dulu. jelas perbedaan prestasi bahwa badminton membanggakan di Indonesia.

Perkembangan Badminton Dunia

Tahun 2012,badminton lebih berkembang di dunia, negara-negara yang dulunya bukan "negara badminton" sekarang mulai uunjuk gigi, seperti Thailand,Kanada,Russia,Australia dan India mulai unjuk gigi. Lihat saja bulutangkis di Thailand sangat pesat perkembanganya. Thailand sekarang maju di sektor tunggal putri, seperti Ratchanok Inthanon, Porntip Buranaprasertsuk yang berada di rangking 10 dan 13, dan ratchanok kemarin masuk final China Premier. Lalu pas Uber Cup, Thailand masuk semifial, cukup membuktikan bahwa progess bulutangkis thailand sangat maju.
Dominasi China pun terlihat luntur akhir-akhir ini, Indonesia,Jepang,Korea,Malaysia,Denmark merupakan negara terkuat di bulutangkis.Negara yang berkembang: India, Saina Nehwal menyumbang perunggu untuk petama kali dari india. Russia, Valeria Sorokina dan Nina Vislova juga raih perunggu di Olimpiade 2012 sektor ganda putri.

Semoga sajalah Badminton jadi olahraga populer ke depanya, dan media semakin banyak membahas tentang badminton.                                  
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar