Minggu, 27 Februari 2011

Fakta Unik Piala Dunia

Wah, piala dunia kembali memusim. Pagelaran akbar 4 tahunan yang bisa menyedot semua kalangan bla bla bla bla.... pokoknya hebohnya ga bisa ditulis dengan kata-kata deh.... meskipun yang gue rasain tahun 2010 ini ga seseru 2002 ato 1998. Tapi paling ngga, mendingan daripada 2006 yang sepi abis. Sekali lagi ini perasaan gue yaa... Ngga ngerti bener apa ngga.


Dan berhubung lagi masa-masa bola gini, gue akan menerbitkan post-post dengan label baru: Fakta Piala Dunia. Yang akan gue post bukan update-update dan laporan-laporan pertandingan Piala Dunia 2010. tapi lebih ke fakta-fakta dan rekor-rekor piala dunia terdahulu. Lagipula piala dunia 2010 baru dimulai (saat post ini ditulis) jadi belom ada fakta2 yang bisa ditulis....


yaudah langsung aja cekidot!



-Hanya ada 2 pemain yang sudah bermain di 5 Piala Dunia berbeda. Mereka adala Antonio Carbajal dari Mexico dan Lothar Matthaus dari Jerman Barat.


-Sejauh ini, 154 pemain yang dipilih di squad timnas Bulgaria di Piala Dunia yang pernah mereka ikuti, hanya ada 2 pemain yang memiliki nama tidak berakhiran huruf ‘V’ (Milko Gaidarski dan Petar Mikhtarski).


-Tak pernah ada satupun tim Eropa yang memenangkan Piala Dunia yang diselenggarakan diluar Benua Eropa. Meskipun 9 dari 18 gelar juara diraih oleh Negara dari Eropa.


-Kebanyakan skor di turnamen Piala dunia adalah 1-0.


-Ternyata, hanya dua benua yang pernah memenangkan Piala Dunia, Eropa dan Amerika Latin. Dari 18 pagelaran akbar ini, kedua benua memperoleh trofi sama banyak, Eropa 9 kali dan Amerika Latin 9 kali. Uniknya, selama 40 tahun terakhir sejak era 1966 sampai 2006, Amerika Latin dan Eropa memenangkan Piala Dunia secara selang-seling satu sama lain. (1966 Eropa, 1970 Amerika Latin, 1974 Eropa, 1978 Amerika Latin, dst).









-Hanya ada dua Negara diluar Benua Eropa atau Amerika Latin yang berhasil menembus semi-final Piala Dunia. Mereka adalah Amerika Serikat pada tahun 1994 dan Korea Selatan pada tahun 2002. Keduanya berstatus tuan rumah saat itu.


-Sampai saat ini, Negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia selalu lolos dari fase penyisihan grup.


-Brazil menjadi satu-satunya Negara yang tidak pernah absen di setiap pagelaran Piala Dunia.


-Pele menjadi satu-satunya pemain di sejarah Piala Dunia yang tercatat dalam skuad timnas yang memenangkan 3 Piala Dunia (1958, 1962, 1970). Meskipun pada Piala Dunia 1962 Pele mengalami cidera dan tidak dapat bermain penuh di Piala Dunia, termasuk di Final. Marcos Cafu, menjadi satu-satunya pemain Piala Dunia yang bermain di 3 final Piala Dunia (1994-2002).


-Tak ada satupun Negara yang dilatih oleh pelatih asing saat menjadi juara Piala Dunia.


-Korea Utara didiskualifikasi FIFA dan gagal melaju pada penyisihan Piala Dunia 1970. Tahu alasannya? Karena mereka bersikeras tidak mau bermain dengan Israel yang waktu itu menjadi penyebab konflik dengan beberapa Negara termasuk Palestina.
:applause:



Categories:

0 komentar:

Posting Komentar